Jumat, 18 Januari 2013

Jailbreak iPhone SU (Security Unlock) Mengesalkan

Tulisan ini sebenarnya sebuah ungkapan dari kekesalan terhadap produk gadget pabrikan apple. Iphone, salah satu produk apple yang berguna untuk bertelepon. Produk ini dibuat dalam dua variant dalam tipe lokasi penjualan, FU (Factory Unlock) dan SU (Security Unlock). FU ditujukan untuk segment penjualan internasional, sementara SU ditujukan untuk segment penjualan yang bekerjasama dengan provider-provider lokal suatu negara. Penjualan iPhone SU di Indonesia tidak ada, karena tidak adanya kerjasama dengan provider-provider internasional dengan Indonesia, di Indonesia sendiri lebih banyak perusahaan telekomunikasi lokal yang dibeli pihak asing. Jadi oleh karena itu pemilik iPhone dengan package SU yang biasanya dibeli ketika berada di luar negeri dengan sangat terpaksa menjadi tidak berguna ketika dibawa ke Indonesia, kecuali mereka menggunakan card injector bernama gevey atau mereka menjailbreak iPhone mereka.
Hal ini cukup membuat banyak orang kesal, karena produk yang mereka beli lumayan mahal hanya dapat menjadi sebuah benda tidak berguna ketika mereka berada di Indonesia. Saya dahulu sempat membuat sebuah tulisan:
"tulisan ini sbnernya ungkapan kekesalan 2 kali error upgrade iPhone SU.. mungkin banyak org diluar sana yg lebih keki dr gw sampe rela menjual iPhone 4 yg baru beberapa minggu dibeli dgn harga murah.. krn gk bisa jalan.. Yap dunia silicon valley memang makin payah.. SonyPlaystation memulai debut bersama apple menggunakan chip firmwire yg didalamnya ditanam baseband.. yg kegunaannya cuma untuk memastikan costumer membeli software asli.. hari ini di account twitter techland direlease sony bakal mematikan prangkat2 yg di jailbreak.. berharap apple gk kaya gitu.. (jailbreak itu cara biar program2 bajakan bisa terinstall)... ya maklum software ori mahal.. gadgetnya jg belinya mahal di negara keparat cukai ini, coba di Amerika harga paket AT&T untuk beli iPhone 4 cuma beli pulsa 1jt rupiah... lebih penting lagi semoga para org pintar itu tidak membuat kepintaran mereka menjadi pemaksaan publik.."
Ya itu sebuah cerita singkat tentang kekesalan saya terhadap produk ini, sebenarnya produk ini cukup mengesankan secara teknologi, baik perkembangan hardware maupun aplikasinya, tetapi karena adanya arogansi dari pemilik dalam menghasilkan pundi-pundi uang yang banyak maka user menjadi sasaran empuk dalam pengembangan teknologi iPhone yang terputus-putus (menyebabkan pengguna menjadi harus membeli dan membeli lagi produk yang terbaru).

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 rikirikardo
Theme by Unknown