Kamis, 04 November 2010

Indahnya Keanekaragaman Budaya Indonesia



Keragaman budaya (cultural diversity) di Indonesia merupakan hal yang nyata. Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia menjadi Negara dengan budaya yang sangat banyak. Budaya-budaya yang berkembang di Indonesia banyak yang terpengaruh faktor geografis, mulai dari budaya yang berkembang di masyarakat yang menetap di pegunungan, tepian hutan, pesisir, dataran rendah, pedesaan, hingga perkotaan. Selain itu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi perkembangan budaya Indonesia seperti agama dan modernisasi (kebudayaan dari luar), proses asimiliasi budaya yang datang dari luar seperti agama banyak mempengaruhi perkembangan kebudayaan Indonesia. Seperti penyebaran agama Islam sebagai agama terbesar di Indonesia mempengaruhi teknik arsitektur bangunan-bangunan rumah adat, seperti dapat kita lihat dari beberapa rumah adat yang mengadaptasi system kubah yang pada umumnya ada pada masjid. Selain contoh-contoh fisik perbedayaan kebudayaan, keanekaragaman budaya juga terjadi pada interaksi social. Seperti halnya pulau jawa yang terbagi atas beberapa provinsi, pembagian provinsi biasanya didasari oleh landasan kultural. Kita ambil contoh Jawa Barat dan Jawa Tengah, Jawa Barat didominasi oleh etnis suku bangsa sunda dan Jawa Tengah didominasi oleh etnis Jawa. Perbedaan etnis sunda dan etnis jawa dapat kita lihat dari tutur kata (bahasa daerah) dan attitude. Perbedaan-perbedaan cara bersosialisasi inilah yang mendukung terciptanya provinsi-provinsi di Indonesia. Banyaknya kebudayaan di Indonesia menjadi suatu kekayaan bangsa yang tidak bernilai harganya. Perbedaan-perbedaan ragam budaya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.


Sejarah membuktikan bahwa kebudayaan di Indonesia mampu hidup secara berdampingan, saling mengisi, dan ataupun berjalan secara paralel. Misalnya kebudayaan keraton atau kerajaan yang berdiri sejalan secara paralel dengan kebudayaan berburu meramu kelompok masyarakat tertentu. Dalam konteks kekinian dapat kita temui bagaimana kebudayaan masyarakat urban dapat berjalan paralel dengan kebudayaan rural atau pedesaan, bahkan dengan kebudayaan berburu meramu yang hidup jauh terpencil. Hubungan-hubungan antar kebudayaan tersebut dapat berjalan terjalin dalam bingkai ”Bhinneka Tunggal Ika” , dimana bisa kita maknai bahwa konteks keanekaragamannya bukan hanya mengacu kepada keanekaragaman kelompok sukubangsa semata namun kepada konteks kebudayaan.1
Konsep Bhinneka Tungal Ika menjadi suatu konsep yang sangat pas bagi bangsa Indonesia. Karena apabila kita menyikapi perbedaan-perbedaan yang ada antar individu suku bangsa di Indonesia yang memiliki beraneka ragam budaya dalam konteks kacamata yang luas, maka akan timbul rasa kebanggaan yang besar sebagai warga Negara Indonesia. Banyak orang Indonesia yang tidak melihat indahnya keragaman budaya di Indonesia. Banyak orang menciptakan status-status social berdasarkan perbedaan-perbedaan. Tetapi itu adalah sikap-sikap yang salah dalam menyikapi perbedaan. Bhinneka Tungal Ika itu membuat kita bangsa Indonesia seharusnya sadar bahwa kita tidak terlahir dari satu suku bangsa tertentu, karena kita bangsa yang besar yang memiliki banyak suku bangsa dan budaya maka setiap individu di Indonesia memiliki banyak suku bangsa dan kita wajib bangga, karena tidak ada bangsa lain di dunia ini yang memiliki ragam budaya seperti Indonesia.
Indahnya keanekaragaman budaya Indonesia dapat kita nikmati apabila kita berinteraksi dalam masyarakat. Banyaknya bahasa-bahasa daerah yang dapat kita pelajari sebagai penambah wawasan nusantara, banyaknya jenis-jenis makanan daerah dan banyaknya kebudayaan-kebudayaan yang dapat kita pelajari. Sepatutnya kita berbangga diri atas hal tersebut. Banyak Negara-negara di eropa yang sudah tidak mengenal budaya asli mereka, banyak Negara yang kehilangan identitas karena asimilasi kebudayaan dengan kebudayaan modern. Sungguh sangat disayangkan apabila ragam budaya Indonesia harus ikut hilang ditelan zaman. Keragaman budaya haruslah menjadi identitas bangsa Indonesia, kerena keragaman budaya itu yang menjadikan Indonesia berbeda dengan Negara lain di dunia ini. Indonesia memiliki budaya sebagai identitas bangsa, budaya yang dicerminkan dari bahasa daerah, kesenian daerah dan lainnya. Walaupun kebudayaan modern terus menjamur alangkah baiknya kita tidak pernah lupa akan identitas kita.
Berbanggalah menjadi orang Indonesia karena hanya kita Negara yang memiliki banyak ragam budaya dan klaimlah budaya Indonesia secara utuh, jangan berdasarkan suku bangsa.

disadur dari:
1. http://prasetijo.wordpress.com/2009/07/24/keragaman-budaya-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 rikirikardo
Theme by Unknown