Selasa, 25 Oktober 2011

ARTI PENTING ORGANISASI DAN METODE

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah satu jenis wadah perlengkapan di masyarakat yang dibuat oleh orang-orang dengan tujuan dapat memperoleh efesiensi kerja tertentu yang sebesar-besarnya. Organisasi itu sendiri dibentuk oleh orang-orang dengan tujuan tertentu yang dapat dipetik hasilnya secara bersama-sama, berarti cukup ditangani secara sendiri atau perorangan, maka orang-orang tidak akan membuat wadah yang disebut organisasi.
Masalah adalah segala sesuatu yang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kepentingan organisasi yang memerlukan pemecahan dan pengambilan keputusan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :

1. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya.
2. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen.
3. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.


MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Kegiatan manajemen :

1.Planning (perencanaan)
• Merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya
• Merupakan kegiatan non fisik (kejiwaan) sebelum melaksanakan kegiatan fisik
• Sangat diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi serta tujuan suatu program pembangunan

2.Organizing (pengorganisasian)
• Merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsionya serta penempatan mengenai orang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.
• Dilakukan demi perencanaan, pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat
• Harus diperhatikan dalam penempatan orang (staffing) dilakukan secara obyektif.
• Motivating (pendorong)
• Merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan unutk membina dan mendorong semangat dan kerelan kerja para pegawai
• Mencakup segi-segi perangsang baik yang bersifat rohanian seperti kenaikan pangkat, pendidikan dan pengembangan karier, pemberian cuti dan sebagainya maupun yang bersidat jasmaniah seperti system upah yang menggairahkan, pemberian tunjangan, penyediaan fasilitas yang lengkap dan sebagainya.

3.Controlling (pengendalian)
• Merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan
• Sangat penting untuk mengetahui nsampai dimana pekerjaan sudah dilaksanakan
• Dapat dilakukan evaluasi, penentuan tindakan korektif ataupun tindak lanjut, sehingga pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaanya.

4. Kegiatan manajemen tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang harus didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang dimaksud disebut 6 M (The six M’s in management istilah Goerge R Terry) yitu :
• Manusia atau tenaga kerja (Manpower)
• Uang atau dana (Mpney)
• Bahan-bahan atau material (Materials)
• Mesin dan peralatan (Machines and Equipment)
• Tata kerja atau (methods)
• Pasar (Market)

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 rikirikardo
Theme by Unknown