Minggu, 16 Januari 2011

PEMUDA DAN SOSIALISASI

PEMUDA

Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainya. hal ini dapat di mengerti karena pemuda diharapakan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya., generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus. Jika ddi suatu Negara seorang pemuda sangat berguna bagi Negara tersebuk, karena seorang pemuda adalah harapan dalam suatu Negara agar dapat meneruskan dan melanjutkan atas apayang telah di pertahankan seorang pahlawan dulunya. Jadi sebagai generfsi penerus pemuda harus banyak belajar mulai dari saat ini karena itu sangat berguna nanti dimasa depan . jika pemuda disuatu negara tidak ada yang memperdulikan suatu kesatuan dan kesatuan dalam negara maka siapa yang akan meneruskan Negara ini dimas yang akan dating. Jadi kedudukan pemuda didalam Negara itu sangan penting karena pemuda lah yag akan meneruskan semua yang telah dipertahankan oleh semua pahlawan yang telah berjuang dalam empertahankan bangsa ini.

Lebih menarik jika geneasi ini mempunyaipermasalahan-permasalahan yang sangat berpariasi, dimana jika permasalahan itu tidak bisa diatasi secara profesional maka pemuda akan kehilangan fungsinya sebagai penerus pembangunan.

POTENSI GENERASI MUDA/PEMUDA

potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu di kembangkan adalah;
1. idelisme dan daya kritis
2. dinamika dan kreativitas
3. keberanian mengambil resiko
4. optimis dan kegairahan semangat
5. sikap kemandirian dan disiplin murni
6. terdidik
7. keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
8. patiotisme dan nasiolisme
9. sikap kesatria
10. kemampuan penguasaan ikmu dan teknologi
SOSIALISASI

sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berfikir agar dia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai nidividu maupun sebagai anggota masyarakat. proses sosialisasi sebenarnya berawal dari keluarga.

Tujuan Pokok Dari sosialisasi Adalah:
1. individu harus diberi ilmu pengetahuan(keterampilan) yang dibutuhakan bagi kehidupan kelak di masyarakat. Dengan memeberikan ilmu dan keterampilakan kepada pemuda akan mempertinggi ilmu yang telahdidapat seorang pemuda dan akan berguna pada saat nanti telah dibutuhkan.
2. idividu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembankan kemampuannya. Karena dengan mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki mempermudah para pemuda dalam menyampaikan inspirasi dalam Negara.
3. pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui pelatihan mawas diri yang tepat.
4. bertingkah laku yang selaras dngan norma dan tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan masyarakat umumnya.denga mempelajari norma-norma dan tata nilai tingkah laku yan baik, pemuda jadi mengerti apa arti dari bertingkah laku yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 rikirikardo
Theme by Unknown